Bikin Bangga! Ini 7 Kreasi Desain Rumah Tropis Karya Anak Bangsa

Tinggal di negara yang beriklim tropis memiliki pengaruh besar, salah satunya dalam bidang arsitektur dan desain rumah tropis. Konsep desain rumah tropis sendiri hidup dan berkembang guna memastikan hunian yang dibangun di lingkungan beriklim tropis bisa tetap nyaman bagi penghuninya. Sebagai negara beriklim tropis, banyak arsitek Indonesia kemudian mengadaptasi desain rumah tropis pada karya-karyanya.

Yuk, ntip kreasi desain rumah tropis karya anak bangsa berikut yang cocok dijadikan untuk desain rumah tropis impianmu!

1. Desain Rumah Tropis AA Residence – Bitte Design Studio

Desain Rumah Tropis Desain Rumah Tropis Rumah Tinggal Sanur Bali - Han Awal & Partners

bitte-design.com

Konsep industrial kini mulai digandrungi banyak orang. Ternyata, konsep industrial ternyata bisa juga dipadupadankan dengan konsep desain rumah tropis seperti pada karya Bitte Design Studio satu ini.

Pemanfaatan kontainer yang identik dengan konsep industrial dipadupadankan dengan berbagai elemen tropis dan juga penggunaan vegetasi serta desain arsitektur lanskap yang membuat hunian tetap nyaman dihuni pada iklim tropis.

2. Wisnu & Ndari House – djuhara + djuhara

Desain Rumah Tropis Wisnu & Ndari House - djuhara + djuhara

archdaily.com

Konsep desain rumah tropis pertama bisa kamu lihat pada desain rumah “Wisnu & Ndari House” karya djuhara + djuhara. Konsep dari desain rumah ini adalah sebuah ruang terbuka di lantai dasar, yang merupakan reintepretasi modern dari konsep rumah panggung tradisional yang ada di Nusantara.

Selain itu, desain rumah tropis ini sangat memperhatikan aspek pencahayaan alami, sirkulasi air hujan, dan memiliki konsep udara yang terbuka sehingga membantu hunian tetap nyaman meskipun tanpa AC atau pendingin ruangan.

3. Eko Prawoto House – Eko Prawoto Architecture Workshop

Desain Rumah Tropis Eko Prawoto House - Eko Prawoto Architecture Workshop

stylepark.com

Desain rumah tropis selanjutnya adalah karya Arsitek asal Yogyakarta, Eko Prawoto, yang merupakan hunian dari sang arsitek sendiri. Tampil eksentrik dan tradisional, kamu akan menemukan banyak material bahan bangunan yang diekspos.

Interior desain rumah tropis ini sangat unik dimana terdapat banyak elemen seperti gebyok tradisional, hiasan kepala rusa, dan berbagai atribut dekorasi etnik lainnya. Ruang-ruang terbuka pada rumah ini membuat desain rumah tropis ini menyatu dengan alam, ditambah juga dengan berbagai elemen vegetasi yang makin mempersejuk desain rumah tropis satu ini.

4. Desain Rumah Tropis House #1 Labo, The Mori – LABO

Desain Rumah Tropis House #1 Labo, The Mori - LABO

google.com

Salah satu pertimbangan umum pada desain rumah tropis modern adalah efisiensi, penghematan energi, dan gaya hidup. Berbagai hal ini bisa kamu temukan pada desain rumah tropis karya LABO satu ini.

Salah satu elemen desain rumah tropis yang paling bisa dirasakan adalah simbiosis hunian dengan lingkungan berupa vegetasi tanaman untuk membantu hunian tetap berada di temperatur yang nyaman serta selalu mendapat sirkulasi udara terbaik.

5. Desain Rumah Tropis W House – Studio Air Putih

Desain Rumah Tropis W House - Studio Air Putih

google.com

Dalam merancang desain rumah tropis, konsep rumah ramah lingkungan juga menjadi pertimbangan penting. Karya Studio Air Putih satu ini merupakan contoh dimana sebuah bangunan bisa memanfaatkan elemen-elemen arsitektural yang bisa memaksimalkan sumber daya alami untuk kelangsungan aktivitas bangunan.

Salah satu pengaplikasiannya adalah penataan bukaan yang strategis untuk menangkap cahaya tanpa menambah temperatur ruangan dan memberikan alur sirkulasi udara yang baik pada ruangan.

6. Rumah Tinggal Sanur Bali – Han Awal & Partners

Desain Rumah Tropis Rumah Tinggal Sanur Bali - Han Awal & Partners

Desain rumah tropis karya Han Awal & Partners ini memiliki konsep open plan yang membuat pencahayaan dan juga sirkulasi udara bangunan yang berada di iklim tropis tetap terasa nyaman.

Untuk interior sendiri, rumah ini memodernisasi beberapa unsur tradisional yang menjadikan visual dari ruangan tetap menarik.

7. Desain Rumah Tropis YN House – HYJA

Desain Rumah Tropis YN House - HYJA

archdaily.com

Salah satu permasalahan umum dari desain rumah tropis adalah cahaya matahari yang kerap membuat temperatur hunian menjadi tidak nyaman. Di satu sisi, cahaya ini juga dibutuhkan untuk membuat penerangan di dalam rumah maksimal.

Permasalahan ini kemudian diakali dengan konsep secondary skin pada rumah tropis karya HYJA. Penggunaan material rumah ini juga cukup merepresentasi konsep tropis dari bangunan.


Itulah berbagai desain rumah tropis karya aristek bangsa yang mampu bersimbiosis dengan iklim untuk membuat sebuah hunian yang tak hanya nyaman tapi juga ramah terhadap lingkungan. Sudah siap mengaplikasikan konsep desain rumah tropis pada rumahmu?