Hadits : Level Bagus, Amal Kurang.

 

Pertanyaan:

Apakah hadits yang menyebutkan bahwa ada seseorang yang sudah ditempatkan Allah pada tempat tertentu. Tapi amalnya kurang, maka Allah uji ia ?

Jawaban:

923 – حدثنا أبو طالب عبد الجبار بن عاصم حدثنا أبو المليح الرقي عن محمد بن خالد [ عن أبيه ]

 : عن جده كانت له صحبة أنه خرج زائرا لبعض إخوانه فلم ينته إليه حتى بلغه أنه مريض فلما دخل عليه قال : أتيتك زائرا أو أتيتك عائدا أو مبشرا قال : وكيف جمعت هذا كله ؟ قال : خرجت وأنا أريد زيارتك فلم أصل إليك حتى بلغني شكاتك فكانت عيادة وأبشرك بشيء سمعته من رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : إذا سبقت للعبد من الله منزلة لم يبلغها عملا ابتلاه في جسده أو في ماله أو في ولده ثم صبره حتى ينال المنزلة التي سبقت له من الله عز و جل

قال حسين سليم أسد : إسناده ضعيف

(مسند أبي يعلى)

Dari Muhammad bin Khalid, dari Bapaknya, dari Kakeknya, ia seorang shahabat Rasulullah Saw, ia mengunjungi salah seorang saudaranya, sebelum ia sampai, ia mendapat kabar bahwa saudaranya itu sakit, ketika ia menemuinya, ia berkata, “Saya datang menjengukmu sebagai orang yang menjenguk orang sakit dan memberi kabar gembira. Saya sampaikan kabar gembira kepadamu tentang sesuatu yang pernah saya dengar dari Rasulullah Saw, beliau bersabda, “Apabila Allah Swt telah menempatkan seseorang pada suatu tempat kemuliaan, akan tetapi amal orang itu tidak layak membuat ia berada di tempat itu, maka Allah Swt menguji hamba itu pada tubuhnya atau hartanya atau anaknya, kemudian Allah Swt buat hamba itu sabar hingga ia layak berada di tempat kemuliaan itu”.

Takhrij (Posisi/letak hadits dalam kitab induk:

أخرجه أبو داود – من رواية ابن داسة عنه كما في (( الجامع الصغير )) ، وكذا البخاري في (( الكبير )) ، وأحمد ( 5/ 272) ، وأبو يعلى ( ج 2/ رقم 923) ، والطبراني في (( المعجم الكبير )) – كما في ((المجمع)) ( ج 2/ رقم 923) ، – والدولابي في (( الكنى )) ( 1/ 27) ، وابن أبي الدنيا ، والبيهقي – كما في (( الدر المنثور )) ( 2/ 228) ، والبغوي في (( الكنى )) – كما في (( الإصابة )) ( 7/ 104) – ، من طريق أبي المليح الرقي ، عن محمد بن خالد ، عن أبيه ، عن جده . وكانت له صحبة أنه خرج زائراً فلم ينته إليه حتى بلغه أنه مريض . فلما دخل عليه قال : أتيتك زائراً ، أو أتيتك عائداً ، أو مبشراً . قال : وكيف جمعت هذا كله ؟! قال : خرجت وأنا أريد زيارتك ، فلم أصل إليك حتى بلغني شكاتك ، فكانت عيادة !! وأبشرك بشيء سمعته من رسول الله- صلى الله عليه وسلم – قال : إذا سبقت للعبد ….. الحديث .

Kualitas hadits:

 

Menurut Syaikh Husain Salim Asad: Hadits Dha’if. (Tahqiq kitab Musnad Abi Ya’la).

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply