Lunak terhadap Nasrani, Keras terhadap Ustaz Abdul Somad, Ini 2 Alasan Versi GP Ansor


Lunak terhadap Nasrani, Keras terhadap Ustaz Abdul Somad, Ini 2 Alasan Versi GP Ansor

Ustaz Abdul Somad/Detik.com

Dalam sepekan ini, terlihat Gerakan Pemuda Ansor, organisasi pemuda Nahlatul Ulama (NU), ini begitu mencurigai ceramah Ustaz Abdul Somad saat mengisi pengajian di beberapa tempat di Pulau Jawa.

Berbeda dengan perlakuan Ansor terhadap umat Nasrani yang sedang melaksanakan ibadat di gereja pada waktu tertentu.

Ternyata ada beberapa alasan yang membuat Ansor menperlakukan berbeda kepada Ustaz Abdul Somad dan Nasrani. Inilah dua alasan luhur Ansor yang membuat umat Islam melongo.

1.Menjaga Toleransi Sesama Umat Beragama

Organisasi Ansor memiliki rasa tingkat toleransi yang tinggi kepada antar umat beragama. Dia selalu terdepan bila ada umat non Islam diganggu.

Untuk menunjukkan itu, ia siap siaga bila ada peristiwa bom, Ansor menjaga gereja. Bahkan rutin setiap Hari Perayaan Natal tiba, mereka pasukan dari GP Ansor menjaga gereja.

2.Takut Ada HTI Mendompleng Acara Ustaz Abdul Somad

Sementara perlakuan terhadap Ustaz Abdul Somad berbeda. Bahkan terkesan menghalangi pengajian yang akan dihadiri Ustaz Abdul Somad.

Padahal sesama umat Islam. Bahkan sama-sama dari Nahdaltul Ulama. Somad NU, GP Ansor NU. Ternyata Ansor beralasan khawatir adanya Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di ceramah Ustaz Abdul Somad.

HTI sendiri adalah organisasi Islam yang baru saja dilarang oleh pemerintah karena konsep khilafah. Itulah dua alasan Ansor bersikap lunak terhadap gereja dan keras terhadap ustaz Abdul Somad.

Tentu saja, niat Ansor ini perlu diapresiasi. Namun, perlu juga bijaksana dalam menyikapi aspirasi umat Islam lainnya yang menginginkan kehadiran Ustaz Somad di sejumlah daerah tanpa perlu dibatasi atau dicurigi disusupi HTI. (Sumber inspirasi dari detik.com, 07/09/2018)