Masih Bingung Apa yang Terjadi di Flashpoint? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya

9 fakta yang terjadi setelah Flashpoint

Kalian masih belum tahu apa yang sebenarnya terjadi saat Flashpoint dan setelah Flashpoint? Ini dia penjelasan lengkap Flashpoint versi komiknya!

Flashpoint adalah sebuah event yang ditulis oleh Geoff Johns untuk memulai seri komik DC The New 52, di mana Barry Allen melakukan perjalanan waktu kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan ibunya dari pembunuhan yang akan dilakukan oleh Reverse Flash. Dengan menyelamatkan ibunya dari pembunuhan Itu, Barry sudah mengubah sebuah sejarah, dan membuat realita yang sebenarnya jadi hancur.

Awal cerita dimulai saat Barry terbangun dari tidurnya. Barry terbangun di Central City Police Department dan mendapati bahwa ibunya masih hidup. Barry bingung dengan keadaan yang terjadi, bagaimana bisa ibunya masih hidup?

Saat Itu Barry juga kehilangan cincinnya yang berisi kostum The Flash. Barry bahkan kehilangan hubungan dengan Speedforce hingga tak bisa bergerak cepat.

Barry yang senang bertemu dengan ibunya, bertanya kepada ibunya di mana ayahnya. Ibunya menjawab dengan kebingungan kenapa Barry memberikan pertanyaan yang sangat aneh, padahal ayahnya sudah meninggal 3 tahun lalu karena serangan jantung.

Mulai menyadari ada yang aneh, Barry memberi tahu bahwa dia adalah The Flash.

Ibunya semakin bingung dengan Barry, ibunya tidak mengetahui The Flash itu apa atau siapa. Ibunya juga tidak mengetahui Superman dan Justice League. Terakhir Barry bertanya kepada ibunya “Bagaimana dengan Batman?” Untuk yang ini ibunya menjawab “Ya tentu saja, aku mengetahui Batman”.

Barry mencoba mencari jawaban dengan keadaan yang aneh ini dengan menghampiri Iris. Namun nyatanya saat bertemu dengan Iris, Barry melihat Iris sudah mempunyai kekasih, bahkan Iris tidak mengenali Barry. Pilihan ke-2 Barry adalah bertemu dengan Batman, orang yang menurut Barry bisa menjawab semua keanehan yang dia alami.

Lanjut ke halaman 2: Barry bertemu dengan Batman!

Setelah sampai di Batcave, Barry melihat keadaan Batcave yang berantakan, tidak seperti Batcave yang biasa dia lihat. Saat sedang melihat lihat Batcave, tiba-tiba Barry diserang oleh Batman.

Batman bertanya kepada Barry “Siapa kamu?” Barry menjawab, “Ini aku, Barry Allen, Bruce. Aku tahu siapa nama kamu yang sebenarnya.” Batman menjawab dengan bingung “Bruce? Bruce sudah mati.” Tidak lama kemudian Barry mulai menyadari bahwa sosok di balik jubah Batman ini bukan Bruce Wayne, melainkan Thomas Wayne, ayahnya Bruce.

Thomas terus-terusan memukuli Barry di saat Barry sedang mencoba meyakinkan Thomas bahwa dia tidak berbohong. Saat dipukuli tiba-tiba Barry merasa kesakitan di kepalanya, Barry seperti ingat sesuatu dan tiba-tiba ingatan itu hilang.

Ya, ingatan Barry tentang dirinya yang dulu mulai menghilang. Ingatannya mulai berubah menjadi realita yang sekarang.

Barry terus mencoba meyakinkan Thomas bahwa dia adalah The Flash, The Fastest Man Alive. Thomas mulai percaya dengan Barry, lalu Barry menunjukan ke Thomas kostum yang ada di dalam cincinnya.

Saat dikeluarkan, ternyata jubah yang keluar adalah kostum Reverse Flash. Barry mulai menyadari bahwa semua ini adalah perbuatan Reverse Flash yang mengubah sejarah, padahal sebenernya semua ini adalah perbuatan Barry Allen sendiri.

Barry meminta tolong kepada Thomas, dia harus mengubahnya kembali menjadi The Flash. Thomas bersedia menolong Barry, asalkan dunia di mana Bruce masih hidup bisa kembali. Akhirnya Barry membuat sebuah alat berbentuk bangku yang sudah dilengkapi dengan bahan-bahan kimia yang dibuatnya.

Tugas Thomas hanya perlu menyalakan alat tersebut. Setelah alat tersebut menyala, Barry tersambar petir bersamaan dengan alat itu, tapi kenyataannya tubuh Barry malah terpanggang. Barry meminta dipindahkan ke lokasi yang mempunyai petir yang lebih kuat. Di percobaan kedua, Barry berhasil kembali menjadi The Flash.

Apa yang terjadi setelahnya? Lanjut ke halaman 3!

Di realita Flashpoint, dunia sangat kacau, di mana sedang terjadi perang antara Atlantis dan Amazon. Atlantis yang dipimpin oleh Aquaman, dan Amazon yang dipimpin oleh Wonder Woman.

Dengan perang yang terjadi dan semakin luas, Cyborg mencoba mengumpulkan meta human yang masih tersisa di bumi untuk menghentikan peperangan antara Atlantis dan Amazon. Batman, Cyborg dan The Flash mengumpulkan para meta human dimulai dengan Superman.

Namun kenyataannya tidak seperti yang dipikirkan. Superman sudah menjadi bahan percobaan pemerintah semenjak dia mendarat di bumi, sehingga Superman bingung ketika bertemu Cyborg, Batman, The Flash. Superman sangat merasa asing dengan dunia luar dan tidak berdaya.

Untuk keluar dari fasilitas percobaan Superman, mereka semua harus melewati pasukan penjaga. Saat mereka mencoba melarikan diri, secara tidak sengaja Superman membunuh para penjaga tersebut. Superman yang menyesal, langsung melarikan diri.

Cyborg, Batman dan The Flash mengumpulkan meta human lainnya yang tersisa seperti The Shazam Kid/Captain Thunder, Element Woman, Enchantress dan lainnya. Mereka semua bertarung dengan pasukan Amazon dan Atlantis dibantu dengan pasukan The Resistance yang dipimpin oleh Grifter.

Sayangnya di tengah-tengah peperangan Enchantress berkhianat dengan berpihak ke Amazon, penghianatan Enchantress berujung dengan pembunuhan Billy Batson.

Di saat peperangan terjadi, tiba-tiba Reverse Flash muncul dihapadan The Flash. The Flash langsung menyalahkan Reverse Flash dengan semua yang terjadi. Reverse Flash sambil tertawa langsung memberi tahu The Flash bahwa semua ini bukan kesalahannya, melainkan kesalahan The Flash sendiri, karena menyelamatkan ibunya dari malam pembunuhan Itu.

Reverse Flash sangat senang dengan Flashpoint, karena efek dari Flashpoint terhadap dirinya membuatnya telah menghilang dari sejarah, keberadaannya sudah terhapus dari timeline.