Ngebet Tinggal di Apartemen? Sudah Sanggup Bayar Deretan Biaya Ini

Ilustrasi apartemen (Foto: Pixabay)

Pantau.com – Beberapa waktu lalu Pantau.com sempat membahas tentang generasi millennialls yang masih singel rupanya tercatat memilih tinggal di apartemen. 

Buat anda yang memang masih ragu untuk tinggal di apartemen atau rumah, berikut biaya yang harus dikeluarkan para penghuni apartemen.

1. Iuran pengelolaan

Mungkin kalau di komplek perumaha ini semacam biaya bulanan untuk petugas keamanan yang jaga di pos depan. Jika diperumahan mungkin paling mahal itu Rp100.000 nah di apartemen khusus di Jakarta kalian kurang lebih harus mengeluarkan biaya Rp450.000 untuk ukuran apartemen 30 meter persegi. Biaya ini tidak bisa dicicil, beberapa pengelola bahkan meminta pembayaran per 3 bulan. 

2. Sinking fund

Kalau biaya pertama itu untuk keamanan atau pihak kebersihan, biaya yang satu ini digunakan untuk memperbaiki fasilitas apartemen yang rusak. Misalnya ada pipa yang bocor, listrik yang korslet dan 

Biaya ini mirip dengan maintenance. Bedanya adalah duit yang kita keluarkan digunakan untuk memelihara dan memperbaiki fasilitas di apartemen, seperti lift, saluran air, sampah, serta jaringan listrik. Biaya ini juga tidak murah kira-kira Rp500.000